Press "Enter" to skip to content

ISS Akan Memancarkan SSTV Bulan Desember 2019 Hingga Januari 2020

Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS) pada tangggal 28 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020 akan mentransmisikan gambar Slow Scan Television (SSTV) .

Pengiriman gambar SSTV ini didukung oleh ARISS dan untuk mengenang Kosmonout Rusia Alexei Leonov. Transmisi dilakukan mulai jam 11.00 UTC pada tanggal 28 Desember 2019 hingga berhenti tanggal 1 Januari 2020 pukul 18.20 UTC. Frekwensi yang digunakan untuk mengirimkan SSTV ini di 145.800 MHz dengan Mode SSTV PD-120.

Untuk anda yang ingin menerima gambar SSTV dapat dengan menggunakan WebSDR atau radio HT/Rig di frekwensi 145.800 MHz dengan menggunakan software RX-SSTV atau MMSSTV untuk dipsang di Komputer atau bisa pake aplikasi android yang dapat di download di playstore yaitu Robot36.

Jika kita ingin menerima transmisi gambar SSTV cukup dengan radio HT atau Rig di frekswensi yang disebutkan diatas lalu jalankan aplikasi Robot36 di ponsel android anda lalu dekatkan pada radio tersebut, maka signal SSTV tadi akan terdecode menjadi sebuah gambar yang dikirim dari ISS.

Semua gambar yang diterima oleh amatir diseluruh dunia dapat di lihat di http://www.spaceflightsoftware.com/ARISS_SSTV/index.php  dan andapun dapat mengupload hasil penerimaan SSTV ini.  Kemudian untuk menerima SSTV dari ISS ini pastikan anda tahu jadwal saat lewat di atas kita mulai dari AOS sampai LOS. Berikut jadwal menlintas di atas pulau Sulawesi :

Untuk anda yang berada di lokasi lain tentu tidak sama jadwal melintasnya…. Anda dapat melihatnya disini https://www.heavens-above.com/PassSummary.aspx?satid=25544 dan pastikan lokasi anda sudah terdetecsi di web tersebut.

**sumber dari https://amsat-uk.org/2019/12/24/iss-sstv-dec-28-jan-1

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme by Compete Themes.