Press "Enter" to skip to content

Berbagai Istilah Dalam Komunikasi Radio Amatir

Dalam komunikasi radio amatir tentu sering mendengar berbagai istilah yang untuk para pemula tentu masih asing atau masih belum tau apa arti dan maksud dari istilah tersebut.

Berikut berbagai istilah amatir radio yang sering digunakan untuk kegiatan komunikasi radio amatir.

Roger. Dalam komunikasi arti Roger bermakna berita diterima dengan baik. Jadi penggunaan istilah ini bisa disebut atau ucapkan jika telah menerima berita dengan baik dan jelas. Tapi penggunaan istilah ini sudah berlebihan sehinga mengaburkan makna dariistilah tersebut. Penggunaan kata Roger di akhir kalimat dapat dibenarkan jika kita ingin mengkorfimasi dari lawan komunikasi kita apakah berita diterima dengan baik.

OM (Old Man). Istilah ini sebutan untuk seorang amatir radio pria. Jadi OM bukan berarti “Oom” suami dari tante!!!. Tetapi panggilan untuk kaum pria penggiat radio amatir. OM ini ditulis dengan huruf kapital O dan M.

YL (Young Lady). Istilah ini sebutan untuk seorang amatir radio wanita. Begitu juga YL ini bukan sebutan istri dari OM tetapi sebutan untuk kaum wanita penggiat radio amatir.

73 de ….(Callsign). Angka 73 ini berasal dari “Phillips Code” merupakan pengganti istilah “Best Regards” yang biasa digunakan pada akhir pembicaraan. Istilah angka ini awalnya sering digunakan dalam komunkasi telegrafi dan morse. Istilah dalam komunikasi ini harus disebut dengan Seven Three, atau Tujuh Tiga !, bukan Tujuh puluh tiga atau Seventy Three.

CQ. Istilah kode ini sebenarnya awalnya berasal dari bahasa Prancis yaitu ” sécurité” yang artinya keselamatan atau memperhatikan. Tapi istilah ini di adopsi dalam komunikasi radio amatir menjadi istilah kode untuk memanggil. Biasanya di ikuti dengan callsing, negara, wilayah dan lain-lain.

Cheerio. Istilah ini berasal dari bahasa Prancis. Kata ini adalah ungkapan salam yang diucapkan pada saat akan berpisah dengan seseorang yang dekat dengan kita. Jadi istilah ini mirip maknanya dengan istilah 73.

Over. Istilah dalam bahasa Indonesia adalah “Ganti” , kata ini diucapkan di akhir kalimat untuk mempersilahkan lawan komunikasi kita untuk menjawab/berbicara.

Go Ahead. Yang dalam bahasa Indonesia-nya “Silahkan”Istilah ini diucapkan di akhir kalimat dengan maksud mempersilahkan stasiun lawan untuk berbicara. Iniserupa dengan istilah Over.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme by Compete Themes.