Press "Enter" to skip to content

Mengenal Pengertian Ham Radio

Anda pernah mendengar atau membaca istilah Ham Radio? Ya mugkin ada yang belum pernah dan bahkan banyak yang sudah mendengar atau membaca istilah ini.

HAM Radio itu istilah populer untuk Amatir Radio, berasal dari “Ham” sebagai nama informal untuk operator radio amatir. Jadi sebutan” Ham” itu dengan maksud nama panggilan merendahkan dari operator radio komersial atau professional yang ditujukan kepada pengguna radio amatir. Di antara operator radio profesional darat dan laut, opetrator “ham” dianggap sebagai pengganggu. Penggunaan “ham” yang berarti “amatir atau tidak terampil” Istilah ini pertama kali muncul tahun 1909 di Amareika Serikat dan kemudian tahun 1920 menyebar ke beberapa negeri-negara berbahasa Inggris lainnya.
Ham-Radio
Komunitas radio amatir kemudian mulai mengklaim kembali kata itu sebagai label kebanggaan,dan pada pertengahan abad ke-20,  istilah itu telah kehilangan makna merendahkannya

Hingga saat ini sebutan “Ham Radio” untuk para Amatir Radio masih banyak di gunakan di negara-negara benua Amerika dan sampai di Kawasan Eropa, walau istilah yang dimaksud adalah Amatir Radio yang merupakan seorang yang memiliki ijin untuk melakukan tele-komunikasi dengan menggunakan frekwensi radio tentang pengetahuan teknis yang berkaitan teknik radio dan elektronika.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme by Compete Themes.