Press "Enter" to skip to content

Komunikasi Satelit Amatir Radio

Komunikasi Satelit Amatir Radio

Istilah komunikasi satelit amatir tentu yang terbayangkan bagi para amatir atau orang awam tentu sesuatu komunikasi yang rumit yang membutuhkan biaya besar dengan peralatan peralatan seperti parabola besar.

Perlu diketahui bahwasannya komunikasi satelit amatir radio yang kini makin mendunia ini sudah mulai digandrungi para amatir radio. Teman-teman amatir radio yang menggeluti di bidang ini mendapatkan bahwa komunikasi satelit amatir radio ini tidak serumit yang dibayangkan, dan peralatan yang digunakanpun sangat murah.

Seperti diketahui oleh para amatir radio, bahwa dalam berkomunikasi radio pasti mengenal istilah stasiun repeater/pancar ulang yang ketika kita menggunakan fasilitas ini sinyal radio yang kita gunakan dapat menjangkau jarak yang lebih jauh.

Jadi sistem stasiun repeater inilah yang digunakan dalam komunikasi satelit amatir. Jadi satelit menjadi stasiun pancar ulang/repeater untuk digunakan berkomunikasi dengan para amatir radio.

Penggunaan satelit sebagai repeater tentu dapat menjangkau area yang lebih luas, apalagi posisi satelit yang diatas langit yang memudahkan kita memancarkan sinyal ke arah satelit dengan tanpa halangan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *