Press "Enter" to skip to content

Mengenal Teknologi LoRa

Teknologi Radio Frequency (RF) makin lama makin berkembang, salah satunya adalah hadirnya LoRa (Long Range).
LoRa (Long Range) adalah suatu format modulasi yang unik dan mengagumkan yang dibuat oleh Semtech. Modulasi yang dihasilkan menggunakan modulasi FM. Inti pada pemrosesan dengan menghasilkan nilai frekuensi yang stabil. Metode transmisinya juga bisa menggunakan PSK (Phase Shift Keying), FSK(Frequency Shift Keying) dan lainnya. Nilai frekuensi pada LoRa bermacam-macam sesuai daerahnya, Jika di Asia frekuensi yang digunakan yaitu 433 MHZ, di Eropa nilai frekuensi yang digunakan yaitu 868 MHZ, sedangkan di Amerika Utara frekuensi yang digunakan yaitu 915 MHZ.

LoRa merupakan teknologi yang sifatnya proprietary, mengkonsumsi daya listrik yang rendah (low power) dan memiliki jangkauan yang luas secara nirkabel yang berjalan diatas spektrum jaringan wireless yang sifatnya license-free. Secara teoritis LoRa mampu menjangkau area hingga 10 Km pada kondisi optimal dan LOS (Line Of Sight)
Sebenarnya LoRa ini sudah cukup lama ada, hanya saja akhir-akhir ini berkembang pesat sebagai teknologi low-power.

Teknologi LoRa dapat diimplemantasikan keberbagai peralatan IoT (internet of things)seperti pelacakan aset, pembaca meteran yang cerdas, solusi parkir cerdas, LoRa APRS, komunikasi satelit orbit rendah (LoRa Satellite).
Fitur-fitur yang tersedia di LoRa adalah :
Geolocation, fungsi ini memungkinkan kita dapat mendeteksi lokasi keberadaan suatu benda tanpa biaya alias gratis.
Biaya Rendah, dapat mengurangi biaya dengan 3 cara : mengurangi biaya infrastruktur, biaya operasional dan sensor-sensor yang mempunyai jaringanya sendiri.
Terstandar, dibuat agar dapat berinteraksi den berfungsi dengan produk atau sistem lain, sehingga dapat cepat beradaptasi dengan jaringan dan aplikasi IoT.
Daya Rendah, dengan konsumsi daya yang dibutuhkan hanya berkisar dari 13Ma hingga 15Ma. Sehingga baterai dapat bertahan dari 10 higga 20 tahun.
Jarak Jauh, satu unit LoRa dapat memancarkan hingga 100KM.
Aman, Tertanam end-toend enkripsi AES128
Kapasitas Tinggi, Mendukung jutaan pesan per base station, ideal untuk operator jaringan publik yang melayani banyak pelanggan

Referensi:
_https://misteriot.com/2020/03/13/perbedaan-lora-dan-lorawan/
_https://www.logicgates.id/blogs/news/apa-itu-lora

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme by Compete Themes.