Press "Enter" to skip to content

Mengenal DMR- Digital Mobile Radio

Saat ini sudah banyak beredar penjualan radio HT DMR . Mungkin dari sebagian kita banyak yang belum tahu apa itu DMR dan apa bedanya dengan radio analog. DMR kepanjangan dari Digital Mobile Radio adalah standar radio digital internasional terbuka dan diterbitkan yang menentukan komunikasi 2-slot (saluran) TDMA . DMR adalah protokol digital terbaru radio amatir. Radio DMR diproduksi oleh beberapa produsen dan DMR tidak kompatibel dengan teknologi D-Star Icom.

DMR memakai teknologi TDMA( Time Division Multiple Access) di mana saluran lebar pita suara standar 12, 5kHz dipecah jadi 2 saluran virtual 6. 25kHz. Pembagian ini sering disebut jadi 2‘ timeslots’ ataupun kanal pembicaraan.

Radio Digital memiliki banyak keunggulan dibandingkan teknologi radio analog seperti:

  • Hemat frekuensi radio
  • Suara yang lebih jernih
  • Hemat energi. Radio digital mampu menghemat baterai hingga 40% dibandingkan radio analog.
  • Fitur panggilan individual (private call), panggilan hanya dalam 1 group (group call), dan panggilan ke semua radio dalam 1 jaringan (broadcast)
  • Komunikasi yang aman (seperti algoritma enkripsi 256-bit) dan fitur Scrambler
  • Pelacakan posisi pemegang radio (GPS) dan Geofencing

Keuntungan lain dari kebanyakan radio DMR adalah meningkatkan kinerja RF. Banyak radio DMR harus memenuhi spesifikasi ETSI dan TIA untuk tampil di lingkungan RF yang paling menantang. Ketika Anda menggunakan radio komersial untuk radio amatir, Anda akan melihat radio ini memiliki penolakan antar moda yang lebih baik, selektivitas yang lebih baik, emisi yang tidak terlalu palsu, dan secara mekanis radio ini dirancang dengan sangat baik.

referensi:
www.dmr-marc.net
radiokomunikasi.co.id

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme by Compete Themes.